Pengertian Rukun Iman

Sebelum kita masuk membahas setiap poin rukun iman maka ada baiknya kita mengartikan terlebih dahulu seperti apa pengertian rukun iman. Kata “Rukun” yang terdapat dalam rukun iman merupakan landasan, dasar atau asas.

Berarti ada 6 hal yang disebutkan pada rukun iman ialah landasan dan dasar utama didalam beragama. Tanpa adanya keenam hal tersebut maka kita masih belum sempurna dalam beragama islam. Mengapa demikian?

Dikarenakan semua rukun islam ini saling berhubung. Kalau kita mempercayai kepada Allah maka kita wajib untuk mempercayai rasul dan begitupun sebaliknya.

Seperti yang telah difirmankan oleh Allah didalam surat Annisa pada ayat ke 59 yaitu:” Atiullha Wa’Ati’urrosuula..” yang memiliki arti bahwa “ikutillah Allah dan ikuttilah Rasul..” .

Pada ayat itu bisa kita mengambil maknanya bahwa kita tidak dapat mempercayai salah satunya, semisal hanya sekedar mempercayai Allah saja, akan tetapi tak mempercayai rasulnya ataupun sebaliknya.

Sehingga kesimpulannya ialah kalau kita mengaku beriman untuk Allah maka imanilah atau percaya juga rasulnya dan ikutilah pada setiap perintahnya, serta beriman juga pada setiap rukun yang terdapat dalam rukun iman supaya Islam kita bisa sempurna.

Kata “Iman” dalam bahasa ialah membenarkan atau percaya. Sedangkan untuk kata “iman” dalam istilah syar’i yakni keyakinan didalam hati, perkataan yang ada di lisan, amalan dengan anggota badan, bertambah dengan menjalankan ketaatan dan berkurang dengan maksiat.

Kalau kita menghubungkan keduanya maka arti dari rukun iman ialah landasan atau dasar-dasar yang mesti kita yakini dalam hati pada setiap muslim dan bisa dibuktikan dalam lisan serta perbuatannya dalams sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *